The race is over, but remember the finish line is not yet in sight

Minggu pagi tanggal 18 Desember 2011, sebanyak kurang lebih 1.100 anak marjinal turut berpartisipasi dalam acara Fun Run yang diadakan oleh surat kabar Jakarta Globe. Adik-adik telah mulai berdatangan sejak jam 6 pagi. Mereka berasal  dari delapan wilayah binaan Sahabat Anak, dan mitra dari wilayah lain seperti Depok, Kebon Singkong, Buaran, Klender, Jati Asih, Senen, Panglima Polim; serta anak2 dari organisasi ISCO, Himata dan KDM juga ikut meramaikan.

Selain adik-adik, terlihat bersemangat para peserta dari berbagai kalangan: pelari elite, mahasiswa, ibu rumah tangga, kalangan expatriat, dan selebrita ibukota. Anak-anak ada yang terlihat semangat berlari,  dan ada yang masih mengantuk karena harus bangun pagi-pagi. Lomba lari pun dimulai dan jalanan dari arah plaza fX hingga jembatan Semanggi penuh dengan para peserta. Walau tidak semua menyelesaikan jarak 5 km yang ditentukan karena sebagian besar berjalan sehat santai  dan rasa capek pun terlupakan.

Acara dilanjutkan dengan pembagian berbagai hadiah dan penampilan para bintang tamu. Adik-adik binaan Cijantung yang sudah mempersiapkan diri untuk menari dari jauh-jauh hari pun tampil dengan maksimal. Mereka tampil dengan dua macam tarian tradisional dan mendapat sambutan meriah dari penonton bahkan mendapat karangan bunga dari para selebritis. Acara pun ditutup dengan penampilan band Repvblik.

Tidak ada gading yang tak retak, kendala dan masalah pasti ada. Tapi apapun yang menjadi kekurangan dari acara ini pasti akan jadi pembelajaran untuk semua pihak ke depannya. Kita juga bersyukur untuk setiap dampak positif yang didapat melalui event ini. Kami jadi makin semangat terutama melihat begitu banyak sahabat yang peduli dan mau berbagi dengan anak-anak yang kurang beruntung ini. Pihak Jakarta Globe, fX, sponsor (Axis, BII Maybank, Puma, Great Eastern, Galeri Elektronik), selebritis dan tentunya para voluntir yang selalu mendahulukan kepentingan adik walaupun mereka harus kerepotan.

Acara Fun Run berakhir sudah, tapi kiranya perjuangan kita untuk terus memberikan kesempatan yang sebesar-besarnya bagi anak-anak yang tidak bisa mendapat akses pendidikan, kesehatan, perlindungan hukum tidak usai. Acara ini membuka kesempatan bagi setiap masyarakat yang ingin berbuat sesuatu bagi masa depan bangsa tapi tidak tahu harus mulai dari mana. Selama masih banyak anak-anak marjinal yang tidak tahu mau jadi apa saat besar nanti, maka garis finis belum terlihat. It’s not impossible but we must strive for a better Indonesia.


Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

About Sahabat Anak

Sahabat Anak is a non-profit organisation that provides quality education and children’s rights advocacy in an effort to encourage and inspire Jakarta’s street children to escape urban poverty. The movement began in 1997 after a group of university students made a commitment to make a difference in the lives of Indonesia's street children. As a volunteer-based organisation, Sahabat Anak aims to involve as many members of the community as possible to help improve the lives of street children.

Posted on 12/22/2011, in Bahasa Indonesia, Events and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: