Gerobak Berjendela Dunia

Buku adalah jendela dunia. Begitulah petikan kata yang menekankan pentingnya buku dalam kehidupan. Buku merupakan sumber ilmu pengetahuan yang luas dan tidak bertepi. Sayangnya, tidak semua anak memiliki akses mudah untuk membaca, baik karena tidak memiliki buku atau semata malas membaca, padahal buku begitu membantu kita memperluas pengetahuan.

SA Prumpung sudah setahun ini memiliki perpustakaan sendiri yang sejauh ini hanya bisa dinikmati oleh adik-adik binaan kami karena letaknya di dalam rumah belajar. Waktu untuk menikmatinya juga sangat terbatas, hanya ketika jam-jam rumah belajar dibuka. Meski memiliki perpustakaan sendiri, ternyata tidak semua adik-adik suka membaca ataupun menyadari pentingnya membaca. Hal ini masih menjadi PR besar kami untuk menanamkan nilai untuk rajin membaca kepada adik-adik. Selain itu, kami juga memikirkan adik-adik lain di sekitar Prumpung yang sebenarnya suka membaca, namun memiliki akses terbatas, karena tidak mendaftar sebagai adik binaan, misalnya. Apa yang harus dilakukan agar mereka juga memiliki kesempatan yang sama? Sudah menjadi wacana diantara kami para volunteer dan adik-adik volunteer untuk bisa mengajak adik-adik yang tidak ikut program di SA Prumpung, untuk ikut menikmati fasilitas perpustakaan Prumpung. Namun berbagai keterbatasan membuat ide tersebut hanya menjadi wacana dan masih dalam pembicaraan bagaimana kami bisa melakukannya, menjangkau adik-adik yang lain itu.

Gerobak Pintar

Gerobak Pintar, akhirnya menjadi solusi bagi kami. Gerobak yang biasanya digunakan oleh masyarakat sekitar Prumpung untuk menjual nasi goreng atau jajanan, ternyata isinya bisa diganti dengan kontainer buku dan tirai kecil untuk mendongeng.

Gerobak Pintar ini seperti perpustakaan berjalan yang setiap akhir pekan akan dibawa berkeliling wilayah tempat anak-anak bermain atau berkumpul di Prumpung. Gerobak tersebut ini membawa buku ilmu pengetahuan, komik atau novel lengkap dengan CD Player yang bisa memutar lagu-lagu anak-anak yang saat ini sangat terbatas di Indonesia. Proyek/ program ini akan dijalankan sepenuhnya oleh adik-adik volunteer SA Prumpung. Semoga gerobak ini bisa menjadi alat untuk merangkul adik-adik di luar binaan SA Prumpung. Program ini sendiri akan berjalan secara aktif mulai bulan Januari 2012, tapi karena adik-adik volunteer ingin lebih mempersiapkan diri, dan berusaha membuat sistem yang baik, maka mereka mulai menjalankannya sejak November ini.

Bukan suatu kebetulan, Kinderland, salah satu “komunitas” yang terbeban untuk mencerdaskan anak-anak marginal Indonesia melalui Gerobak Pintar bertemu dengan kami dan menjalin kerjasama yang baik untuk mencerdaskan anak Indonesia. Untuk Indonesia yang lebih baik.

Salam Sahabat,

Simsim

About Sahabat Anak

Sahabat Anak is a non-profit organisation that provides quality education and children’s rights advocacy in an effort to encourage and inspire Jakarta’s street children to escape urban poverty. The movement began in 1997 after a group of university students made a commitment to make a difference in the lives of Indonesia's street children. As a volunteer-based organisation, Sahabat Anak aims to involve as many members of the community as possible to help improve the lives of street children.

Posted on 04/04/2012, in Bahasa Indonesia, Sahabat Anak News and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: