Klinik Sahabat Anak: Langkah Kecil Mendukung Hak Kesehatan bagi Anak Indonesia


Klinik Sahabat Anak merupakan salah satu program Sahabat Anak terbaru yang mulai dijalankan pada 2011. Klinik ini akan mengunjungi tujuh daerah binaan SA dan beberapa mitra sesuai yang membutuhkan layanan kesehatan.

Bagi ke delapan area binaan SA dan para mitra, keberadaan klinik cukup membantu karena tidak semua wilayah binaan memiliki program khusus untuk memeriksa kesehatan adik-adik. Hal ini cukup dapat dimengerti karena selama ini SA secara khusus memusatkan perhatiannya dalam memberikan pendidikan tambahan atau menyediakan ketrampilan pendamping ilmu yang didapat di sekolah.

Program Klinik SA ini selain dimotori oleh sukarelawan yang ditunjuk SA Pusat juga oleh para Sahabat dari GKI Gunsa dan masyarakat yang diundang untuk berpartisipasi. Ketiadaan tenaga medis yang bekerjasama tetap tidak menghentikan kegiatan Klinik SA.

Beberapa program kesehatan yang sudah berjalan di wilayah binaan, sudah ada beberapa sukarelawan dokter, perawat dan sahabat yang mendukung acara ini dan mendaftar melalui media sosial SA.

Klinik SA masih mencari bentuk pelaksanaan yang tepat di tiap area karena tidak semua wilayah memikliki program khusus untuk pengecekan kesehatan adik-adik binaan. Bagi beberapa area yang sudah memiliki program kesehatan dan sistem sendiri yang dijalankan oleh volunteer sa lokal, ini memudahkan tim Klinik SA.

Contohnya SA Prumpung, adik-adik binaan telah memiliki buku untuk mencatat kesehatan adik-adik, dari data tinggi hingga berat badan. Bahkan ada juga catatan-catatan khusus untuk ditindak lanjuti dalam program kesehatan selanjutnya. Setiap ada program kesehatan, adik-adik binaan akan membawa buku tersebut dan kakak volunteer akan meng-update sesuai dengan data terbaru adik.

Memang pelaksanaannya sangat sederhana, namun kami berharap langkah sederhana ini berkembang secara konsisten. Pada program kesehatan terakhir, SA Prumpung juga kedatangan tim Klinik SA dengan para dokter dan obat-obatan, program ini menjadi lebih berkembang. Dari para dokter tersebut, diketahui beberapa adik binaan perlu mendapatkan tindakan lanjut ke rumah sakit karena ada penyakit yang tidak bisa dirawat dengan obat yang disiapkan oleh Tim SA.

Semoga Klinik SA ini dapat menambah warna baru dalam pemantauan kesehatan adik-adik area binaan dan Mitra.

Dan sahabat, apabila sahabat ingin ikut serta dalam kegiatan kesehatan tersebut, silahkan pantau social media SA (Twitter, Facebook) atau newsletter SA lokal atau bisa langsung hubungi sekretariat SA. Tidak harus dokter atau perawat, masyarakat dari berbagai latar belakang bisa mendukung kegiatan ini dan melakukan sesuatu bagi anak-anak Indonesia.

Simsim
Koordinator SA Prumpung

Iklan

About Sahabat Anak

Sahabat Anak is a non-profit organisation that provides quality education and children’s rights advocacy in an effort to encourage and inspire Jakarta’s street children to escape urban poverty. The movement began in 1997 after a group of university students made a commitment to make a difference in the lives of Indonesia's street children. As a volunteer-based organisation, Sahabat Anak aims to involve as many members of the community as possible to help improve the lives of street children.

Posted on 04/17/2012, in Bahasa Indonesia, Medical Division and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: