Mereka Bersuara Mari Dengarkan!

Kampanye Hari Sahabat Anak 2012 – Suarakan Impianmu – sudah dimulai sejak 17 Februari 2012 kemarin. Roadshow HSA 2012 sejauh ini sudah mengunjungi delapan area di Jakarta dan sekitarnya, serta sudah mendengarkan suara dan impian dari sekitar 300 anak marjinal.

Tujuan utama dari kampanye ini adalah sebagai wadah untuk anak marjinal dan anak jalanan bersuara dan menyatakan pendapat mereka. Metode pertama yang dilakukan adalah si anak menuliskan cerita pengalaman pribadi mereka.

Kampanye "Suarakan Impianmu" di Mangga Dua.

Adik-adik yang kita kunjungi tergolong berani bicara dan tak sabaran untuk membagikan cerita mereka tersebut. Mereka menceritakan harapan, impian, pengalaman baik maupun buruk yang mereka alami. Satu anak dari SA Gambir bercerita bahwa dia ingin menjadi polisi kalau sudah besar supaya dia bisa menangkap penjahat. Seorang anak yang lain ingin menjadi seorang pemain sepak bola seperti idolanya.

Seringkali mereka juga menceritakan pengalaman pribadi dari kehidupan mereka. Beberapa bercerita pengalaman yang menyedihkan karena kerasnya hidup yang harus mereka hadapi di usia yang masih dini. Cerita-cerita ini meninggalkan kesan yang mendalam juga untuk para voluntir.

Para voluntir membantu adik-adik menulis cerita mereka.

Tujuan lain dari roadshow ini adalah untuk memberi kesempatan bagi anak-anak untuk merekam sebuah video pendek. Topik dari video pendek yang harus mereka buat adalah guru atau pengajar ideal yang mereka inginkan itu seperti apa. Mereka biasanya langsung bersemangat dan menikmati proses rekaman sambil bercanda. Beberapa anak ada yang semangat hanya karena memegang kamera, ada yang semangat untuk berakting dan bahkan menirukan gaya kakak pengajar atau guru mereka di bimbel/sekolah.

Berbagi cerita.

Anak-anak dari berbagai area di Jakarta dan sekitarnya memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai guru yang mereka sukai. Terbukti bahwa guru, role model dan kakak pengajar yang selama ini mengajar mereka meninggalkan kesan yang mendalam buat anak-anak. Ini menunjukkan pentingnya peran seorang pengajar untuk menjadi contoh yang baik dan terkadang kita tidak menyadari kesan seperti apa yang kita tinggalkan ke anak-anak yang kita bina.

Jika Anda ingin ambil bagian di rangkaian roadshow ini dan menjadi voluntir, silakan e-mail ke info@sahabatanak.com dengan subjek Daftar Kampanye Hari Sahabat Anak 2012.

Iklan

Posted on 04/30/2012, in Bahasa Indonesia, Events, Sahabat Anak News and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: