Susunan Gelas yang Menjembatani Perbedaan Ekonomi

IMG-20131120-WA0004 (2)

Setiap tahun, murid kelas enam di Sekolah Bina Gita Gemilang, Tebet mempunyai proyek membantu komunitas. Fokus mereka adalah isu kesejahteraan sosial. Tahun ini mereka memilih bakti sosial dengan anak-anak jalanan dan marjinal dari sekolah nonformal di Kota Tua, Sekolah Mandiri.

Clara sebagai Wakil Kepala Sekolah mengatakan bahwa murid-muridnya telah mencari dana beberapa minggu sebelum berkunjung ke Sekolah Mandiri dalam acara kejuaraan matematika, festival kesenian, dan bazar. Tujuan melibatkan murid-murid kelas enam adalah untuk memberikan pandangan yang lebih luas mengenai kehidupan dan membantu orang lain.

Dana yang mereka kumpulkan kemudian diberikan kepada anak-anak Sekolah Mandiri, beserta tujuh belas kotak yang berisi barang-barang donasi – mulai dari suling dan pianika, sampai penanak nasi (yang juga diberikan kepada sekolah mitranya, Pusat Kegiatan Anak, dekat Manggarai).

Dua puluh enam murid Sekolah Bina Gita Gemilang mengisi pagi hari itu dengan menyajikan keahlian cup stacking atau menyusun gelas kepada dua puluh delapan anak jalanan dan marjinal. Cup stacking adalah permainan ketangkasan dan kecepatan tangan menyusun gelas, membongkar dan memindahkan gelas dalam ritme tertentu, sambil menepuk tangan. Anak-anak Sekolah Mandiri kagum melihatnya dan ingin sekali mencoba permainan tersebut.

Interaksi antar anak-anak yang berbeda secara latar belakang ekonomi adalah sebuah pembelajaran meruntuhkan penghalang. Para anak jalanan mengobrol dengan murid-murid Sekolah Bina Gita Gemilang, terlihat bahwa sebagai anak-anak mereka tidaklah berbeda.

Peranan kegiatan Corporate Social Responbility (CSR) penting dalam memberi akses kepada anak-anak jalanan untuk bertemu dengan berbagai pihak, sebuah kesempatan yang biasanya tidak didapatkan karena kondisi hidup mereka. Anak yang mengemis uang di jalan jelas berbeda dengan anak yang diantar ke sekolah setiap hari. Hak untuk bermain dan tumbuh dengan normal seringkali diambil dari anak-anak jalanan karena keluarga mereka lebih mementingkan mencari uang untuk makan sehari-hari.

Jika organisasi Anda memiliki rencana untuk kegiatan CSR, kami membuka kesempatan bagi Anda. Silahkan menghubungi Alles di 021 3918505 untuk menyampaikan dukungan Anda.

Iklan

About Sahabat Anak

Sahabat Anak is a non-profit organisation that provides quality education and children’s rights advocacy in an effort to encourage and inspire Jakarta’s street children to escape urban poverty. The movement began in 1997 after a group of university students made a commitment to make a difference in the lives of Indonesia's street children. As a volunteer-based organisation, Sahabat Anak aims to involve as many members of the community as possible to help improve the lives of street children.

Posted on 11/29/2013, in Bahasa Indonesia, Sahabat Anak News. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: