Kehadiran, ketekunan dan usaha – kualitas bintang

Suatu siang di Manggarai, pada tanggal 22 Desember lalu, bertepatan dengan Hari Ibu, Karang Taruna Manggarai dipenuhi banyak suara. Adik-adik Sahabat Anak (SA) Manggarai sedang mempersiapkan bazar dan pertunjukan untuk perayaan akhir tahun mereka.

Tidak ada peringatan sejenis bagi para ayah, seperti Hari Ibu. Tema belajar adik-adik selama bulan Desember adalah “Ibu”. Mereka menggambar, membuat aneka kerajinan tangan dengan kilau gliter, menulis cerita dan puisi,dan kemudian dipajang untuk para pengunjung sore itu.

DSC02156 1

Selama satu tahun, adik-adik yang belajar di dua lokasi SA Manggarai ini telah mengumpulkan poin untuk kehadiran dalam bimbingan belajar (bimbel), kerajinan, dan kerja keras mereka. Kelas Jumat malam adalah kelas bahasa Inggris, yang diadakan di Karang Taruna Manggarai, dekat stasiun kereta.

Kelas Minggu dan Senin diisi berbagai mata pelajaran untuk adik-adik. Semua adik memiliki poin untuk dipakai saat bazar. Poin ini ditandai dalam bentuk bintang.

Ada sekitar 30 kakak voluntir, profesional muda yang berdedikasi untuk membantu adik-adik dan keluarga muda di komunitas ini. Beberapa dari voluntir usianya sama dengan orang tua adik-adik binaan, sebuah bentuk nyata perbedaan jalan hidup.

Poin kehadiran adik-adik ditukar dengan barang-barang yang dijual di bazar. Sebuah tas ransel harganya 13 bintang. Adik-adik sangat bergembira ketika mereka memilih hadiah.

Kakak-kakak voluntir memulai kegiatan sore itu dengan menampilkan tarian. Adik-adik terpaku melihat kakak-kakaknya. Penampilan itu membuat adik-adik merasa lebih percaya diri ketika tiba saatnya mereka tampil. Ada sembilan pertunjukkan yang ditampilkan.

Adik-adik kelas Jumat, yang fokus pada pelajaran Bahasa Inggris, menampilkan dua pertunjukkan. Penampilan pertama dari kelas adik-adik yang lebih kecil, mereka bernyanyi “You are my sunshinedan adik-adik yang lebih besar membacakan puisi ‘Ibu’ dan juga bernyanyi.

Ada pertunjukan tari topeng dari Kelas Orange dan Kelas Banana, ada 13 adik perempuan menari dengan kostum tikus berwarna pink. Sebuah paduan suara malaikat kecil juga bernyanyi. Setelah semua pertunjukan ditampilkan, para pengajar kembali ke depan dan menyanyikan sebuah lagu khusus untuk adik-adik dan memberikan mereka bunga.

Belum semua anak menghabiskan bintangnya, sehingga “belanja” dilanjutkan sebelum kegiata selesai.

Seorang adik laki-laki yang juga ikut menonton acara ini, usianya sekitar 14-15 tahun. Ia adalah seorang adik yang juga mengikuti kegiatan bimbel Manggarai setiap akhir pekan. Beberapa tahun yang lalu, ia mengikuti sekolah non-formal  SA, Pusat Kegiatan Anak (PKA)  di Pegangsaan. Ia tidak bisa mengikuti sekolah formal karena harus membantu perekonomian keluarga. Ia telah putus sekolah selama lima tahun.

Melalui sekolah non-formal SA, ia mampu kembali ke sekolah formal. Hal ini adalah langkah besar yang penting, tetapi bukan akhir dari perjalanannya.

Ia berasal dari keluarga marjinal dan adik-adiknya saat ini juga mengikuti kegiatan bimbel SA. Ia masih menghadiri kegiatan ekstrakurikuler SA yang sebelumnya sudah diikuti saat masih bersekolah di sana. Ia masih bagian dari keluarga Sahabat Anak, yang mendapat perhatian sampai dewasa dan mendapat pekerjaan atau ketika ia tidak lagi membutuhkan dukungan khusus.

Ia duduk dan ikut bersorak-sorai melihat penampilan adik-adik. Ia juga ikut mendukung adik-adiknya sendiri.

Kehadirannya merupakan jaminan kepastian bahwa hasil terbaik diperoleh ketika kita memiliki kualitas bintang untuk tekun dan bekerja keras.

About Sahabat Anak

Sahabat Anak is a non-profit organisation that provides quality education and children’s rights advocacy in an effort to encourage and inspire Jakarta’s street children to escape urban poverty. The movement began in 1997 after a group of university students made a commitment to make a difference in the lives of Indonesia's street children. As a volunteer-based organisation, Sahabat Anak aims to involve as many members of the community as possible to help improve the lives of street children.

Posted on 01/18/2014, in Bahasa Indonesia, Events, Manggarai, Sahabat Anak News. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: