Periode Kedua Kelas Batik

Bersama dengan Batik Semar, dan Museum Tekstil Jakarta Barat, Sahabat Anak (SA) telah mengakhiri periode pertama program Batik yang diadakan bagi adik-adik binaan pada November 2013 lalu. Meskipun pada awalnya ada kekuatiran akan gagalnya program ini, namun pada akhirnya program ini bisa berjalan dengan baik.

Periode kedua kelas batik langsung dilanjutkan pada bulan itu dan dijadwalkan selesai pada bulan Maret, tahun ini (2014). Ada 23 adik mengikuti kelas ini, jumlah tersebut konsisten sejak kelas pertama dimulai.

DSC02378

Pada tahap ini, pelatihan difokuskan pada penggunaan potongan-potongan kain yang lebih besar dan menggunakan pewarna alternatif seperti pewarna dari tumbuhan. Hal ini membutuhkan konsentrasi penuh dan fokus saat menggunakan canting, gerakan tangan pun harus stabil.

Adik-adik menghadiri kelas batik setiap hari Minggu pada pukul. 09:00-15:00 WIB. Para murid sebagian besar perempuan, ada 3 adik laki-laki yang hadir. Lilin yang dipanaskan dan aroma udara, hilir angin dingin dari ruang terbuka berembus ketika mereka semua bekerja dalam diam dan berkonsentrasi keras. Periode selanjutnya dari program ini akan dimulai pada bulan Maret dan akan berfokus pada desain.

Pada setiap sesi, salah satu adik bertanggung jawab untuk membawa makanan ringan untuk pagi hari.

Adik-adik dari latar belakang dan lingkungan yang tidak mendukung akan terpenuhinya kebutuhan nutrisi tentunya akan sulit berkonsentrasi untuk menghasilkan karya seni yang indah. Oleh karena itu pada program ini adik-adik juga diberikan makan siang bergizi pada setiap pertemuannya dan akses untuk mendapatkan cek kesehatan dari SA.

Iklan

About Sahabat Anak

Sahabat Anak is a non-profit organisation that provides quality education and children’s rights advocacy in an effort to encourage and inspire Jakarta’s street children to escape urban poverty. The movement began in 1997 after a group of university students made a commitment to make a difference in the lives of Indonesia's street children. As a volunteer-based organisation, Sahabat Anak aims to involve as many members of the community as possible to help improve the lives of street children.

Posted on 02/08/2014, in Bahasa Indonesia, Sahabat Anak News. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: