Belajar memasak di dapur hotel bintang lima

1390980538909 1

Siang itu, enam orang adik dari Pusat Kegiatan Anak (PKA) mengunjungi dapur yang luas Hotel Sari Pan Pacific di Sarinah, Jakarta Pusat. Bagus, adalah salah satu koki di hotel tersebut, ia menemani adik-adik selama kunjungan dan menerangkan berbagai perlengkapan dan peralatan dapur.

Secara garis besar dapur di Hotel Sari Pan Pacific dapat dibagi menjadi tiga ruangan: ruang untuk mencuci piring, lengkap dengan mesin pencuci piringnya, ruang dimana para koki dan staf menyiapkan makanan, seperti mengupas kentang, bawang dan mengiris daging serta ruangan yang berpendingin temperature, digunakan untuk menyimpan makanan seperti buah, sayuran , dan juga daging. Ruangan di dapur juga dibagi sesuai dengan jenis dan kegiatan memasaknya. Terdapat meja dapur untuk jenis menu a la carte dan ruang dapur untuk menyiapkan masakan Cina. Hiasan buah-buahan dan  bunga di vas siap untuk ditempatkan di meja-meja makan. Suasana di dapur pada siang itu sangatlah sibuk

Di dapur tersebut, adik-adik belajar dan membantu para koki untuk membuat siomay dan pangsit, dengan menggunakan bahan-bahan seperti tepung terigu, garam, rempah-rempah, daging cincang, telur, tahu dan bahan-bahan lainnya. Ketika sesudah selesai dimasak, hidangan disajikan di daun pisang yang beralaskan piring dengan ditambahkan saus sambal, kecap, dan jeruk nipis. Setelah belajar memasak, adik-adik kemudian berpindah dapur untuk belajar membuat kue dan cake. Kue-kuean ini dibuat adik-adik dibawah pengawasan koki Philipe, dalam pelajaran membuat kue inilah, adik-adik membagi tugas antara mengoleskan krim mentega ke kue mangkok dan menghias dekorasi kue.

Banyak orang Indonesia yang berkerja di bidang perhotelan baik di dalam dan di luar negeri. Kapal pesiar diseluruh dunia banyak memiliki pegawai asal Indonesia yang berkerja sebagai pengurus kabin, staf, serta  manajer urusan makanan dan minuman. Di dalam negeri Indonesia sendiri, banyak hotel-hotel dan restoran berkelas yang membanggakan kemampuan pegawai-pegawai dari Indonesia. Apakah itu staf yang bertugas mencuci piring atau koki kepala, faktanya adalah banyak kesempatan karir yang terbuka lebar di bidang perhotelan bagi generasi masa depan Indonesia.

Kegiatan CSR dari Hotel Sari Pan Pacific yang mengundang adik-adik terlibat dalam kegiatan di dapur pada siang hari itu, membuka mata adik-adik untuk melihat dunia nyata dan masa depan yang tidak pernah mereka pikirkan sebelumnya. Dengan adanya kegiatan menulis di PKA, kunjungan adik-adik ke dapur hotel berbintang tersebut akan tertanam dan menumbuhkan kesadaran dan harapan atas masa depan yang lebih baik bagi mereka. Hal ini merupakan sesuatu yang tidak akan pernah meraka alami di lingkungan anak jalanan.

About Sahabat Anak

Sahabat Anak is a non-profit organisation that provides quality education and children’s rights advocacy in an effort to encourage and inspire Jakarta’s street children to escape urban poverty. The movement began in 1997 after a group of university students made a commitment to make a difference in the lives of Indonesia's street children. As a volunteer-based organisation, Sahabat Anak aims to involve as many members of the community as possible to help improve the lives of street children.

Posted on 02/19/2014, in Bahasa Indonesia, Sahabat Anak News. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: