No TV, Ayo Belajar, Dua Jam Saja

Sahabat Anak Prumpung

Sahabat Anak Prumpung

Setelah berhasil mendampingi  anak-anak di Prumpung untuk mendapatkan Akta Kelahiran, sebagai upaya memenuhi hak beridentitas mereka, Sahabat Anak Prumpung terus melakukan ide-ide baru untuk bisa memberikan kontribusi lebih kepada lingkungan sekitarnya.

Seiring dengan datangnya tahun baru, salah satu rencana besar SA Prumpung di tahun 2015 adalah menjalankan Program No TV, Ayo Belajar, Dua Jam Saja. Gagasan ini muncul dari adik-adik Sahabat Anak Prumpung yang peduli terhadap perilaku, kebiasaan teman-teman mereka. Kebanyakan anak di Prumpung hampir menghabiskan waktunya di luar sekolah untuk bermain di luar rumah dan menonton televisi. Tidak ada kesadaran untuk mengulang kembali pelajaran di sekolah, atau menyelesaikan pekerjaan rumah.

Bagi kebanyakan anak-anak di Prumpung, tontonan di televisi yang tayang di jam-jam belajar sudah seperti sihir. Padahal, acara hiburan yang disajikan banyak yang tidak layak untuk mereka. Kesenangan yang didapat dari bermain dan menonton televise tanpa kenal waktu membuat banyak anak melupakan kewajibannya sebagai siswa. Hal ini terjadi hampir di setiap area di Prumpung.

Tantangannya, mengubah kebiasaan anak-anak di lingkungan SA Prumpung tersebut bukanlah perkerjaan gampang. Selain melibatkan adik-adik binaan untuk mengkampanyekan program tersebut, meski melibat pihak luar Sahabat Anak yang punya pengaruh langsung pada anak-anak tersebut, seperti pengurus RT dan orang tua.
Kerja bersama, antara Sahabat Anak Prumpung dengan pengurus RT, serta dukungan dari orangtua, diharapkan bisa menjadi terobosan penting untuk keberhasilan Program No TV, Ayo Belajar, Dua Jam Saja.

Dengan menjadi program resmi, ditambah dengan dukungan dari para orangtua, program tersebut diharapkan bisa berjalan di setiap rumah. Untuk kemudian menjadikan ini sebagai kebiasaan, di Prumpung ada waktu khusus untuk belajar, anak-anak jauh dari televisi. Walaupun hanya berlangsung dua jam, diharapkan hal tersebut bisa menjadi langkah awal untuk melakukan kebiasaan positif lainnya.
Semoga program andalan dari Tim Forum Anak SA Prumpung di tahun 2015 ini bisa terlaksana dengan baik.

(Simsim)

About Sahabat Anak

Sahabat Anak is a non-profit organisation that provides quality education and children’s rights advocacy in an effort to encourage and inspire Jakarta’s street children to escape urban poverty. The movement began in 1997 after a group of university students made a commitment to make a difference in the lives of Indonesia's street children. As a volunteer-based organisation, Sahabat Anak aims to involve as many members of the community as possible to help improve the lives of street children.

Posted on 02/27/2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: