Tas untuk Sahabat

Apa jawaban terbanyak kakak-kakak relawan saat ditanya, apa yang mendorong mereka bergabung dengan Sahabat Anak? Sebagian besar dari mereka hanya memberikan jawaban singkat, “Ingin berbagi dengan anak-anak”.

Ya. Semangat ingin berbagilah menjadi penyatu dari Gerakan Sahabat Anak. Fondasi yang bisa menggerakkan lebih dari 700 relawan aktif, yang melayani dan mendampingi hampir 800 adik marjinal dan jalanan di Jakarta. Gerakan yang terus tumbuh, berkembang jauh sejak mulai dirintis pertama kali di tahun 1997 lewat Jambore Anak Jalanan.

Yang jadi pertanyaan, dari mana semangat berbagi itu muncul?

Ada beragam pengalaman yang menjadi latar belakang . Seorang relawan memiliki pengalaman yang membekas dalam tentang gurunya, sesosok panutan dalam hidupnya yang telah menjadi penyelamat karena rela membayarkan masalah tunggakan uang sekolahnya. Kebaikan guru itu, memicu semangat berbaginya. Menjadi prinsip hidup, yang membuatnya menyatu dengan Sahabat Anak.

Di sisi lain, semangat berbagi itu muncul karena alasan yang sederhana. Seorang relawan selalu mengingat kebaikan penjaga perpustakaan SMP-nya, yang secara khusus memberi pinjaman buku lebih banyak setiap masa ujian tiba. Buku yang tidak mungkin bisa dibelinya karena keterbatasan ekonomi keluarga.

Tidak melihat besar-kecil, banyak-sedikit, rupa-harga, kebaikan-kebaikan yang ditebar oleh sang guru dan juga penjaga perpustakaan itulah yang telah menyemai semangat tersebut. Gerakan Sahabat Anak menyebar dan menyuburkannya. Hasilnya, bisa mengantarkan anak-anak seperti Rohanita, adik binaan Sahabat Anak Prumpung, dan juga Nining Maida, adik binaan Sahabat Anak Tanah Abang, menempuh pendidikan sarjana. Yang terpenting, kebaikan itu telah menumbuhkan semangat berbagi baru, mendorong mereka menjadi penerus estafet pembinaan untuk adik-adik di lokasinya.

Satu set "Tas untuk Sahabat"

Satu set “Tas untuk Sahabat”

Tas untuk Sahabat, program berbagi tas untuk anak-anak yang tinggal di pelosok tanah air adalah sarana, supaya semangat berbagi tersebut menyebar ke tempat yang lebih luas, menjangkau anak makin jauh. Gerakan Sahabat Anak tidak lagi eksklusif milik Komunitas Sahabat Anak. Ini sudah menjadi gerakan bersama yang menyatukan beragam simpul gerakan sosial pendampingan untuk anak yang telah menjangkau hingga ke Malang, Aceh, Lombok, Sulawesi, hingga Papua.

Bagi kita, yang di pusat kota, tas bisa dinilai sebagai sesuatu yang kecil. Tapi, belum tentu bagi anak-anak yang tinggal di kawasan terpencil. Justru, kami percaya, inspirasi akan gerakan berbagi ini makin tumbuh subur, dimulai, dijalin, berangkat dari hal-hal kecil.

(Sri Sadono)

Iklan

About Sahabat Anak

Sahabat Anak is a non-profit organisation that provides quality education and children’s rights advocacy in an effort to encourage and inspire Jakarta’s street children to escape urban poverty. The movement began in 1997 after a group of university students made a commitment to make a difference in the lives of Indonesia's street children. As a volunteer-based organisation, Sahabat Anak aims to involve as many members of the community as possible to help improve the lives of street children.

Posted on 03/06/2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: