PAKET TAS SEKOLAH UNTUK PARA SAHABAT CILIK DI GUNUNG KUNCI

Sahabat Anak, melalui program Tas Untuk Sahabat, akan segera mengirimkan peralatan sekolah untuk adik-adik di Gubuk Baca Lentera Negeri (GBLN) yang berlokasi di Dusun Gunung Kunci, Kecamatan Jabung, Malang, Jawa Timur. GBLN akan menjadi komunitas pertama yang menerima paket Tas untuk Sahabat.

Anak-anak Gubuk Baca Lentera Negeri

Anak-anak Gubuk Baca Lentera Negeri

***

Peternakan dan pertanian adalah sumber mata pencaharian bagi mayoritas penduduk di Dusun Gunung Kunci. Namun, sayangnya bagi anak-anak di sana, kehidupan tersebut bisa menjadi penghalang bagi pendidikan mereka. Sebagian besar anak-anak di Gunung Kunci, setelah lulus Sekolah Dasar (SD), tidak melanjutkan pendidikan formal karena harus membantu orang tua mereka di ladang atau mengurus ternak. Hanya sedikit dari mereka yang melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Sekolah Menengah Atas (SMA). Kemampuan membaca anak-anak usia SD di sana pun masih sangat rendah dan sebagian dari mereka tidak memiliki kebiasaan membaca dan belajar yang baik.

Pada 2014, Fachrul Alamsyah, seorang guru kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah (setara Sekolah Dasar) setempat, tergerak ketika melihat kondisi tersebut. Fachrul, bersama-sama dengan beberapa kawannya, memutuskan untuk melakukan sesuatu. Mereka membangun sebuah tempat dari kayu berukuran 4 meter x 4 meter dengan harapan tempat tersebut dapat menjadi pusat belajar anak-anak. Mereka menamakan tempat itu Gubuk Baca Lentera Negeri.

Gubuk yang dikelola oleh kakak-kakak relawan tersebut – dilengkapi juga dengan koleksi buku-buku sederhana –, merupakan tempat di mana adik-adik menyadari bahwa proses belajar bisa sangat menyenangkan. Dengan kehadiran Gubuk tersebut, harapannya bukan hanya agar anak-anak dapat meningkatkan kebiasaan membaca dan menambah pengetahuan mereka, tapi juga agar para orang tua bisa menyadari akan pentingnya pendidikan bagi anak-anak mereka. Kegiatan di Gubuk diadakan setiap Sabtu setelah jam sekolah, dan kelas belajar tambahan diadakan setiap Kamis, sedangkan kegiatan membaca di perpustakaan bisa dilakukan setiap hari.

Kegiatan membaca di Gubuk Baca Lentera Negeri

Kegiatan membaca di Gubuk Baca Lentera Negeri

Kegiatan belajar yang paling digemari oleh adik-adik di sana adalah berhitung dan menggambar. Apabila adik-adik sudah mulai merasa bosan, kakak-kakak relawan biasanya menyiapkan permainan seperti Dakon (permainan tradisional), catur, atau bulutangkis. Kakak-kakak relawan meyakinkan bahwa melalui permainan atau kegiatan apapun, adik-adik tetap bisa memperoleh kesempatan untuk belajar. Tidak hanya di dalam Gubuk, lingkungan sekitar seperti ladang dan tepi sungai pun mereka gunakan untuk kegiatan belajar. Adik-adik juga belajar cara membuat pupuk kompos dan compost art; keahlian yang bisa digunakan juga untuk membantu orang tua mereka. Setelah belajar, sebagai ucapan terima kasih, ada beberapa adik yang mencari buah cokelat untuk diberikan kepada kakak relawan yang telah mengajar mereka.

kelas terbuka :)

kelas terbuka 🙂

Kegiatan belajar yang menyenangkan

Kegiatan belajar yang menyenangkan

Sayangnya, sebagian adik-adik yang duduk di kelas 6 SD seringkali tidak bisa ikut kegiatan di Gubuk setelah jam sekolah karena harus membantu orang tua mereka memberi makan ternak, memerah susu, atau mencari kayu bakar. Fachrul Alamsyah dan kawan-kawan relawan di Gubuk ini memiliki harapan nantinya bisa melihat perubahan sudut pandang masyarakat setempat akan pentingnya pendidikan bagi masa depan anak-anak mereka. Sahabat Anak pun berharap bahwa paket Tas sekolah dan buku-buku yang dikirimkan dapat membantu anak-anak di sana, dan juga para orang tua, untuk semakin menghargai pentingnya pendidikan.

Gubuk Baca Lentera Negeri telah menjadi rumah kedua bagi anak-anak di Gunung Kunci, di mana mereka bisa belajar, bermain dan mengekpresikan diri mereka dengan bebas.

Di pelosok negeri, program dan kegiatan serupa telah dilakukan oleh begitu banyak orang yang peduli untuk membantu anak-anak yang membutuhkan. Terima kasih banyak untuk semua yang sejauh ini telah ikut serta berdonasi  – Paket tas dari Sahabat akan segera menjumpai Sahabat-sahabat cilik kita di Gunung Kunci. Bagi para Sahabat yang belum sempat ikut serta, masih ada waktu. Mari kita lakukan sekarang dan jadi bagian dari misi luar biasa komunitas-komunitas seperti Gubuk Baca Lentera Negeri ini.
–    Donasi Rp 100.000,- dapat ditransfer ke: BCA Kalimalang Jakarta No: 230-344-4432, atas nama: Yay Komunitas Sahabat Anak Jkt. Mohon menambahkan nominal “15” di belakang donasi Anda untuk memudahkan proses administrasi

flyer TUS_Bahasa Indonesia
–    Informasi tambahan berupa liputan dari surat kabar online lokal Malang mengenai Gubuk Baca Lentera Negeri dapat Anda baca melalui tautan berikut:  http://bit.ly/1RC4bNh dan http://bit.ly/1K5sJfm

(Alice Garner / Maria Leodora)

About Sahabat Anak

Sahabat Anak is a non-profit organisation that provides quality education and children’s rights advocacy in an effort to encourage and inspire Jakarta’s street children to escape urban poverty. The movement began in 1997 after a group of university students made a commitment to make a difference in the lives of Indonesia's street children. As a volunteer-based organisation, Sahabat Anak aims to involve as many members of the community as possible to help improve the lives of street children.

Posted on 05/13/2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: