Ceritaku Ceritamu

Biasanya, materi publikasi Sahabat Anak menggunakan foto hasil karya relawan pengajar dan tim dokumentasi. Di tahun ini, pendekatannya diubah, dengan membiarkan adik-adik bercerita melalui foto-foto yang mereka ambil.

Proyek foto “Ceritaku Ceritamu” menjadi program perdana Sahabat Anak sebagai bagian dari proses persiapan kalender 2016, dengan meningkatkan peran adik sebagai subjek sekaligus objek bagi diri mereka sendiri. Fase pertama proyek ini telah dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus melalui lokakarya fotografi bagi para adik. Sharing pembekalan teknis diberikan oleh Kak Sri Sadono, tim Humas Sahabat Anak bagian Media, ke adik-adik dari berbagai rumah belajar di Jakarta.

Kak Dono membagikan bahwa bercerita bisa dengan berbagai cara, salah satunya melalui foto. Dijelaskan juga bahwa cerita adik-adik bisa lebih mewakili pengalaman pribadi apabila adik-adik sendiri yang menceritakannya. Contoh obyek/ tema foto yang bisa diambil antara lain: sahabat, orang tua, rumah, tempat bermain, kakak pengajar, kelas dan teman sekolah, serta sosok pemberi inspirasi.

Jpeg

Sesi Tanya Jawab

Adik-adik juga dibekali tips cara mengambil foto agar hasilnya baik, antara lain dengan memastikan gambar yang diambil fokusnya tajam, juga dengan memotret dari jarak dekat. Agar pencahayaan baik, disarankan untuk mengambil foto pada pagi atau siang hari saat masih terang. Kalaupun memotret di dalam ruangan, dianjurkan dekat dengan pintu atau jendela agar diterangi cahaya matahari. Untuk cerita yang lebih baik tidak lupa juga disarankan agar memotret obyek dengan lingkungan sekitarnya. Beberapa hasil foto Kak Dono ditunjukkan di lokakarya ini untuk menjadi contoh bagi adik-adik.

Setelah sesi tanya jawab, kedua belas perwakilan adik binaan Sahabat Anak mendapat pinjaman kamera selama dua minggu. Setelah hasil jepretan dikumpulkan, fase berikut dari proyek ini akan dilaksanakan, yaitu pemilihan hasil buruan foto adik-adik.

Selamat berburu foto bagi 12 perwakilan adik binaan!

Workshop Fotografi_1

Peserta Lokakarya Foto “Ceritaku Ceritamu”

(Sri Sadono & Gracia Balthazar)

About Sahabat Anak

Sahabat Anak is a non-profit organisation that provides quality education and children’s rights advocacy in an effort to encourage and inspire Jakarta’s street children to escape urban poverty. The movement began in 1997 after a group of university students made a commitment to make a difference in the lives of Indonesia's street children. As a volunteer-based organisation, Sahabat Anak aims to involve as many members of the community as possible to help improve the lives of street children.

Posted on 08/14/2015, in Bahasa Indonesia, Events and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: