Kisah Sepotong Puding

page11

“Ini apa sih, Kak?”

“Itu namanya puding, silky pudding. Coba deh!”

“Iya enak. Itu tadi Mama makan juga!”

Percakapan singkat itu terjadi di akhir sesi roadshow setelah peserta dibagikan goodie bag dan hendak berjalan ke dekat lahan kosong yang dikelilingi oleh puing bangunan untuk berfoto bersama. Hari itu, Minggu (22 Mei 2016) adalah roadshow ketujuh dari rangkaian kegiatan kampanye Hari Sahabat Anak 2016 dengan tema “Gizi Untuk Prestasi”. Kali ini giliran 80 adik, 56 orangtua, 30 volunter yang bermain dan belajar bersama tentang pemenuhan hak anak lewat makanan sehat. Kegiatan yang berlangsung selama dua jam lebih dilakukan dalam dua bentuk kegiatan di tempat terpisah tetapi masih di area pemukiman warga binaan SA (Sahabat Anak) Cijantung.

Di sesi orang tua, Kak Dhilla memimpin jalannya kegiatan dengan penuh semangat sehingga peserta pun tampak antusias dan berani untuk mengemukakan pendapat kelompoknya dan cukup terbuka. Setelah materi tentang 4B (Bergizi, Berimbang, Beragam, Bersih) disampaikan oleh Kak Ezria dan Kak Ayu, peserta masuk ke dalam kelompok dan sharing tentang seperti apa pola konsumsi makan di keluarga sehari-hari yang dipandu oleh masing-masing kakak fasilitator. Secara umum, orang tua tahu perlunya memberikan makanan yang sehat kepada anak-anaknya, hanya saja, perilaku jajan sembarangan dan sikap memilih-milih makanan menjadi isu yang banyak ditemui dan sulit diatasi oleh para orangtua di area ini.  Ketika sesi demo masak berlangsungpun, ibu-ibu tampak bersemangat dan tak sedikit yang menggoda sang koki, yaitu Kak Andra sehingga suasana pun sangat cair sore itu.

Sementara di tempat yang berbeda, Kak Sammy memandu sesi adik-adik dengan gaya khasnya yang enerjik dan juga ceria. “Makanan sehat itu nasi, sayur… oncom, orak-arik tempe…” kata peserta ketika diminta menjelaskan apa yang mereka tahu tentang makanan sehat. Saat Kak Imelda dan Kak Dian yang menjadi pemateri hari itu bertanya tentang cita-cita dari para adik, tampak jelas bahwa setiap adik memiliki cita-cita untuk menjalani pofesi tertentu ketika dewasa nanti. Oleh karena itu, penting sekali bagi mereka mendapatkan asupan yang sehat dan bergizi agar dapat bertumbuh optimal dan mencapai cita-cita yang diinginkan.

Hal menarik dari roadshow kali ini yaitu keterlibatan dari beberapa volunter yang baru pertama kali terlibat di Sahabat Anak, mereka adalah Kak Miranti dan tim yang tak sekedar memberikan donasi, tapi juga terlibat langsung menjadi kakak pendamping selama dua jam lebih sore itu. Berikut adalah cerita dari Kak Miranti:

“Kami adalah sekumpulan orang yang saling berteman baik dan dulunya bekerja di satu perusahaan yang sama, tetapi sekarang sudah menjalani kehidupan masing-masing. Kenapa kami mau terlibat dalam kampanye ini? Awalnya pengen ngadain acara di rumah singgah. Kami list deh rumah-rumah singgah yang ada di Jakarta dan pelajari profilnya. Kami punya kriteria untuk cari rumah singgah yang programnya jelas dan well managed juga. Setelah pelajari profil-profil yang ada, akhirnya kami pilihlah Sahabat Anak. Tadinya kami mau bikin acara sendiri dengan tema yang dekat dengan anak-anak jalanan dan mau undang ahli kesehatan sendiri juga di salah satu area lokal Sahabat Anak. Tetapi waktu lihat programnya Sahabat Anak, ternyata Sahabat Anak juga sedang kampanye tentang ‘Gizi untuk Prestasi’. Karena gizi itu juga bagian dari kesehatan, jadi kami putuskan untuk dukung kampanye kalian. Awalnya tetap mau buat sendiri kegiatannya tapi waktu ngobrol dengan Kak Aty (Humas Sahabat Anak), ternyata konsep kami pas banget sama persis dengan yang temen-teman Sahabat Anak sedang kerjakan. Akhirnya ya udah deh kami putuskan untuk dukung kegiatan kalian dengan memberikan donasi. Apa yang bisa kita bantu ya kami putuskan untuk bantu kayak menyediakan kotak makan dan minum, lalu packing-in. Kalau masalah dana, akhirnya mengajak juga teman-teman di sekitar dan bos-bos di kantor yang mudah untuk didekati. Akhirnya kita bikin proposal, flier, dan sebarin lalu di-follow up ke teman-teman juga ke bos-bos di kantor yang punya interest tentang hal ini.  Ini pengalaman pertama buat kami. Waktu nyebarin proposal ya ada aja yang nolak, ada juga yang kritik karena bahasanya kurang naratiflah karena ya keterbatasan kami yang sibuk kerja jadi proposalnya sederhana banget, hehehe…. dan akhirnya bersyukur banget karena apa yang didapat lebih dari apa yang ditargetin sehingga akhirnya terkumpullah dana tersebut,” ungkapnya.

Begitulah. Senang rasanya kalau kegiatan ini bisa turut melibatkan masyarakat luas untuk sama-sama memperjuangkan pemenuhan hak anak Indonesia, khususnya untuk mendapatkan gizi yang baik. Sesibuk apapun kegiatan kita, ternyata memang selalu ada bagian yang dapat kita lakukan untuk adik-adik dan keluarga mereka yang termarjinalkan. Sampai jumpa di roadshow ‘Gizi untuk Prestasi’ berikutnya di Sahabat Anak Gambir, Minggu (29 Mei 2016) pukul 14.00 – 16.00 WIB!! J J

Kami mengucapkan terimakasih  khusus untuk sahabat pendukung terbesar kami, yaitu PT. Kalbe Nutritionals (Fitbar) atas pemberian paket makanan bergizi dan kepada sahabat donatur, yaitu Kak Miranti bersama teman-temannya serta masyarakat atas penyediaan paket tempat makan dan botol minum untuk adik-adik Sahabat Anak Cijantung di sore hari itu.

 

 

Iklan

About Sahabat Anak

Sahabat Anak is a non-profit organisation that provides quality education and children’s rights advocacy in an effort to encourage and inspire Jakarta’s street children to escape urban poverty. The movement began in 1997 after a group of university students made a commitment to make a difference in the lives of Indonesia's street children. As a volunteer-based organisation, Sahabat Anak aims to involve as many members of the community as possible to help improve the lives of street children.

Posted on 05/24/2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: