Gizi, Gembira, Gambir

                               000000.jpg
“Perut kenyang, hati senang”. Kita tentunya sudah sering dengar ekspresi ini,  bukan hanya mendengar, tapi merasakan sendiri, ketika di kantor contohnya, menjelang makan siang rasanya perut sudah keroncongan,  atau menjelang jam 3 sore di mana semua orang mulai cari cemilan. Kalau kita yang dewasa saja bergantung dengan apa yang kita makan, apalagi adik-adik kita yang masih dalam masa pertumbuhan??
Di roadshow ketujuh dari kampaye Hari Sahabat Anak: Gizi untuk Prestasi yang diadakan di Gambir pada hari Minggu kemarin bersama dengan adik-adik dan ibu-ibu, kami mengupas tentang makanan sehat. Seperti biasa, slogan kami adalah 4B: Bergizi, Berimbang, Beragam dan Bersih. Slogan ini kami ulang-ulang berikut dengan tepuk dan gerakannya serta dengan nyanyiannya,  karena dengan begitu adik-adik lebih gampang mengingat dan tertarik untuk ikut serta.
Permainan pada setiap roadshow untuk adik-adik adalah bermain ular tangga raksasa, lengkap dengan dadu raksasanya. Mereka dibagi dalam beberapa kelompok dan masing-masing kelompok memiliki perwakilannya untuk menjadi pion yang bergerak maju atau mundur di dalam papan ular tangga. Mereka ditantang dengan berbagai macam pertanyaan dan tantangan seperti seluruh kelompok yang harus menyanyikan lagu 4B, scot jump beramai-ramai supaya bergerak, menyebutkan sumber-sumber protein, memberi contoh jajanan sehat dan sebagainya. Dengan media permainan, adik-adik pun menjadi semangat dan dapat mengerti materi yang disampaikan dengan lebih mudah. Terdapat 60 anak dari Gambir dan Pejambon menghadiri acara ini.
Di sesi Ibu-ibu, acara berlangsung tidak kalah meriah. Kita tau bahwa peran ibu dalam keluarga sangat penting, karena merekalah yang mengontrol makanan di keluarga dan juga mengedukasi anak-anaknya agar tidak jajan sembarangan. Materi yang disampaikan, ternyata perlu lebih dari sekedar “perut kenyang” loh untuk membuat “hati senang”. Selain kenyang, tentunya asupan adik-adik harus bergizi, yaitu memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serat, yang cukup dan seimbang, supaya anak-anak tidak bosan, menunya pun harus beragam.
Ibu Suratinah, salah seorang ibu di Gambir yang mengikuti acaranya, bercerita bahwa karena para ibu-ibu disana sering bekerja, mereka memilih cari yang paling cepat saja, yaitu memberi uang jajan atau membeli makanan di warung. Beliau senang karena di acara kemarin Ibu-ibu jadi diingatkan bahwa memasak itu juga bisa cepat dan tidak perlu mahal. Dan kalaupun memberi uang jajan, anak-anak harus diingatkan untuk membeli jajanan yang baik.
Pada akhir acara, kami membagikan paket makanan sehat berupa nasi, nugget tahu, dan sayur serta buah pisang bagi semua peserta dan volunteer.
Kami mengucapkan terima kasih khusus kami kepada PT. Kalbe Nutritionals (Fitbar) atas dukungannya dalam pemberian makanan sehat. Terimakasih juga kami ucapkan kepada Kak Miranti dan kawan-kawannya atas pemberian satu set kotak makan dan minum bagi setiap adik yang datang pada hari itu. Terima kasih untuk semua sponsor dan donatur, serta kakak-kakak volunteer yang selalu bersemangat memandu jalannya acara.
Pekan ini adik-adik Gambir menjalankan Ujian Nasional, mari kita doakan agar adik-adik dapat mengerjakan ujiannya dengan baik, dapat naik ke jenjang berikutnya dan menggapai impian-impiannya. Mari kita dukung terus mereka untuk mendapatkan hak atas makanan sehat, yang membantu mereka untuk terus menjadi anak Indonesia yang berprestasi!!!

About Sahabat Anak

Sahabat Anak is a non-profit organisation that provides quality education and children’s rights advocacy in an effort to encourage and inspire Jakarta’s street children to escape urban poverty. The movement began in 1997 after a group of university students made a commitment to make a difference in the lives of Indonesia's street children. As a volunteer-based organisation, Sahabat Anak aims to involve as many members of the community as possible to help improve the lives of street children.

Posted on 05/30/2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: