4B untuk Sumbawa

Roadshow Gizi Untuk Prestasi di Sumbawa.JPGBerawal dari selintas niatan untuk bergerak di bidang sosial, terutama bagi adik-adik di daerah saya yang masih kurang beruntung dalam mengakses segala fasilitas dan informasi di bidang pendidikan. Tidak lebih dari dua bulan, niat tersebut akhirnya terwujud berkat bantuan dan kerja sama dengan teman-teman di Yayasan Sahabat Anak dan Fitbar Donor Kalori.

Mengusung tema “Gizi untuk Prestasi”, saya bersama 2 teman, Kakak Diyen dan Kakak Ary, tanggal 7 Oktober 2016mengadakan penyuluhan gizi di SDN Badas Sumbawa.

Acara yang direncanakan mulai jam 9 pagi, terpaksa mundur hampir satu jam karena kendala teknis.Listrik yang kami butuhkan untuk presentasi menggunakan laptop dan proyektor, tidak dapat digunakan.Kami hampir mengganti metode presentasi mengingat waktu terus berkutat. Dengan sangat supportive-nya, para guru membantu kami untuk berpindah kelas yang dilengkapi dengan aliran listrik. Itu pun diawali dengan daya listrik yang tidak cukup. Sehingga beberapa fasilitas yang perlu listrik seperti bel sekolah, harus mengalah kala itu. Maklum, sekolah ini letaknya cukup jauh dari pusat kota, minim akan fasilitas.

Awalnya, kendala ini sempat menyurutkan semangat kami. Namun, melihat antusiasme murid SDN kelas 4 dan 5, semangat kami mulai bangkit lagi. Mereka dengan sabar menunggu kami, dengan raut mukapenasaran akan apa yang kami bagikan. Penyuluhan yang diikuti oleh 35 siswa ini akhirnya bisa dimulai sekitar pukul 09.45 WITA .

Di permulaan acara, siswa dibagi menjadi 7 kelompok. Setiap kelompok dibagikan gambar 20 jenis makanan. Tiap kelompok memilih beberapa jenis makanan yang akan mereka letakkan di satu piring makan. Sebanyak 3 kelompok maju ke depan kelas untuk mempresentasikan menu makanan tiap piringnya.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka akan menu makan bergizi dan berimbang. Beberapa kelompok sudah mampu menyusun menu makanan sesuai dengan konsep menu seimbang. Walaupun masih ada kelompok yang meletakkan nasi dan mie dalam satu piring. Namun, dengan penjelasan mengenai konsep 4B -yaitu bergizi, beragam, berimbang dan bersih – anak-anak akhirnya mampu menyusun menu makan sesuai dengan konsep tersebut.

Didampingi sekitar 6 guru, acara yang kami selenggarakan berjalan cukup kondusif. Anak-anak sangat aktif dan berani menjawab beberapa pertanyaan yang kami lontarkan. Mereka juga sangat antusias memperagakan gerakan Tepuk 4B. Video yang kami putar juga sangat menarik perhatian mereka. Hingga pada akhir acara, mereka cukup paham konsep 4B.

Secara keseluruhan, acara ini mendapatrespon luar biasa baik dari anak-anak serta pihak sekolah. Para guru di SDN Badas Sumbawa berharap agar kegiatan bermanfaat ini bisa terus dilaksanakan di sekolah-sekolah lain di Sumbawa Besar.

 

Titien, volunter

About Sahabat Anak

Sahabat Anak is a non-profit organisation that provides quality education and children’s rights advocacy in an effort to encourage and inspire Jakarta’s street children to escape urban poverty. The movement began in 1997 after a group of university students made a commitment to make a difference in the lives of Indonesia's street children. As a volunteer-based organisation, Sahabat Anak aims to involve as many members of the community as possible to help improve the lives of street children.

Posted on 10/12/2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: