88 Tahun Sumpah Pemuda: Mencintai Kembali Bahasa Indonesia

88-tahun-sumpah-pemuda-1

Apa hubungannya Sumpah Pemuda dengan Bulan Bahasa dan Sastra yang diadakan secara nasional? Untuk mengetahuinya kita perlu menengok sejenak ke sejarah tercetusnya Sumpah Pemuda.

Hingga periode tahun 1925, cukup banyak pemuda Indonesia yang telah mengecap pendidikan bahkan hingga tingkat pendidikan tingggi. Hal ini menyebabkan mulai terbentuknya berbagai organisasi kepemudaan, seperti Jong Java, Jong Celebes, Jong Ambon, Jong Soematranen Bond, Pemoeda Kaum Betawi, dan sebagainya. Namun berbagai organisasi ini sifatnya masih kedaerahan.

Kemudian, Kongres Pemuda Pertama dan Kedua diadakan di Batavia (Jakarta) pada tahun 1926 dan 1928 berdasarkan keinginan yang sama: mempersatukan berbagai organisasi kepemudaan yang ada di Indonesia karena memiliki kesamaan tujuan dan cita-cita. Di Kongres Pemuda II inilah, Sumpah Pemuda, yang menjadi tonggak sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia, diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928.

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bah
asa Indonesia.

Ikrar yang diucapkan 88 tahun lalu ini menjadi tonggak sejarah perjuangan Indonesia, yang membawa kita ke dalam kemerdekaan 71 tahun yang lalu. Bahasa Indonesia menjadi jati diri dalam pengakuan bahwa kita bertumpah darah dan berbangsa yang satu: Indonesia. Memang benar semboyan bahwa bahasa menunjukkan bangsa. Hampir bisa dipastikan ke manapun kita bepergian di negara ini yang mencakup ribuan pulau dan ratusan bahasa daerah, kalaupun kita tidak mengerti bahasa penduduk setempat, kita masih bisa berkomunikasi dengan mereka dalam Bahasa Indonesia.

Pentingnya bahasa Indonesia sebagai identitas sekaligus pemersatu bangsa inilah mengapa setiap tahunnya sejak tahun 1980, Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Bulan Bahasa dan Sastra menjelang dan selama bulan Oktober di berbagai wilayah di Indonesia, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Puncak Bulan Bahasa dan Sastra ini akan dirayakan di Jakarta pada tanggal 28 Oktober, setelah sebulan lamanya berbagai kegiatan diadakan di 30 provinsi.

Apa yang akan Sahabat lakukan di Hari Sumpah Pemuda? Teman-teman yang melakukan kegiatan sukarela mengajar bisa melakukan kegiatan semacam bulan atau minggu bahasa yang menjadi ajang berkekspresi dan berkarya, sekaligus meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia mereka. Rekan-rekan yang menjadi orang tua atau di dunia pekerjaan dapat lebih mempraktikkannya dalam keseharian, seperti ketika berkomunikasi dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan keluarga dan rekan kerja. Atau mungkin Sahabat ada yang tertarik menjadikan tanggal 28  Oktober sebagai challenge day: sebisa mungkin sepanjang hari berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar :). Kalau ada yang tertarik, bisa lho mengacu ke Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Mari kita teruskan kecintaan berbahasa Indonesia, dan turunkan juga kepada generasi penerus kita.

Iklan

About Sahabat Anak

Sahabat Anak is a non-profit organisation that provides quality education and children’s rights advocacy in an effort to encourage and inspire Jakarta’s street children to escape urban poverty. The movement began in 1997 after a group of university students made a commitment to make a difference in the lives of Indonesia's street children. As a volunteer-based organisation, Sahabat Anak aims to involve as many members of the community as possible to help improve the lives of street children.

Posted on 10/28/2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: