Hari Tanpa Tembakau Sedunia – 31 Mei 2017

No Tobacco Day 1

Asbak rokok dengan bunga segar menjadi simbol umum untuk Hari Tanpa Tembakau Sedunia

 

Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 31 Mei sejak tahun 1987. Tujuannya adalah untuk mendorong berpantang segala bentuk konsumsi tembakau dalam kurun 24 jam di seluruh penjuru dunia. Hari itu juga ditujukan untuk menarik perhatian terhadap menyebarnya penggunaan tembakau dan efek negatifnya. Merokok mengakibatkan kematian hingga 6 juta jiwa per tahunnya, termasuk di dalamnya 600,000 jiwa perokok pasif akibat turut menghirup asap rokok dan bahan-bahan kimia di dalamnya.

Untuk tahun ini, tema Hari Tanpa Tembakau Sedunia adalah “Tembakau – Ancaman terhadap Pertumbuhan”. Salah satu hal yang ingin diangkat oleh tema ini adalah menunjukkan adanya ancaman oleh industri tembakau terhadap perkembangan negara, termasuk kesehatan dan kesejahteraan ekonomi warga negaranya. Dalam hal ini kami tertarik melihatnya dalam sudut pandang kepentingan anak.

Dalam sebuah keluarga yang anggota dewasanya merokok, setidaknya sang anak terancam dalam tiga hal. Yang pertama, dia menjadi perokok pasif sejak dini. Jika sang ayah/ibu merokok di luar rumah pun, asap rokok, bahan kimia, dan tar nikotin yang menempel pada baju dan barang-barang yang dipakai tetap menjadi ancaman kesehatan dan pertumbuhan bagi anak. Kedua, orang tua yang merokok menjadi teladan buruk bagi sang anak hingga dia cenderung akan menjadi perokok aktif nantinya. Ketiga, uang yang seharusnya bisa dipergunakan untuk kepentingan rumah tangga dan anak menjadi potensi yang terbuang demi rokok.

Sesuai dengan tema Sahabat Anak tahun ini, “Keluargaku Pelindungku”, kami ingin kembali mengajak Sahabat menjadi pelindung bagi anak-anak. Jika sahabat seorang perokok aktif, mari coba berpantang rokok seharian sambil mempertimbangkan bahayanya bagi anak di sekitar Anda. Jika Sahabat bukan perokok, mari terus mempertahankannya, dan tolong terus bagikan kepada orang lain bahayanya bagi anak.

No Tobacco Day 2

-Gracia M.B.-

Iklan

About Sahabat Anak

Sahabat Anak is a non-profit organisation that provides quality education and children’s rights advocacy in an effort to encourage and inspire Jakarta’s street children to escape urban poverty. The movement began in 1997 after a group of university students made a commitment to make a difference in the lives of Indonesia's street children. As a volunteer-based organisation, Sahabat Anak aims to involve as many members of the community as possible to help improve the lives of street children.

Posted on 05/30/2017, in Bahasa Indonesia, Day In Calendar. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: