Pengalaman Karya Anak Bangsa di JSA XII

Kisah berikut merupakan kisah dari area Karya Anak Bangsa (KABASA). Mari kita simak pengalaman apa saja yang berkesan buat mereka selama Jambore Sahabat Anak XXI berlangsung….

Berada di dalam satu tenda dengan 40 anak kecil. Jangan ditanya bagaimana sibuknya. Ibarat kalau kita robot yang digerakkan oleh baterai, mereka digerakkan oleh aki, energinya nggak habis – habis.

JSA4_1

Pengalaman dua hari dan satu malam itu kami selaku para pendamping memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk berinteraksi langsung dengan adik-adik binaan kami serta ada tambahan adik-adik dari area lain, karena kami berada dalam satu tenda  dengan area The Umbrella Wisdom yang tergabung dalam tenda LIMAS.

“Ada satu anak yang sekilas kok seperti ada tanduk di kepalanya ya… bwandel pwol! Eh siapa sangka, pas hari terakhir, menjelang kepulangan dia dateng terus salim. Seketika itu juga tanduknya hilang dan bergantikan sayap bak malaikat. Menurut gue, anak kecil itu ibarat pedang bermata dua, kalau kita didik dengan baik, maka bisa jadi pelindung kita. Sebaliknya, kalau kita salah didik, dia bisa jadi ‘senjata makan tuan’. Hidup anak-anak! Mau anak jalanan, mau anak rumahan, mau anak gedongan, tetap anak-anak. Selamat #HariAnakNasional #jamboresahabatanak!”

Nayli Suroya (Volunter KABASA)

JSA4_2

JSA4_3“Ini adalah pertama kalinya saya ikut Jambore Sahabat Anak. Saya sangat senang karena belum pernah merasakan kemah bersama kakak-kakak yang baik hati. Dan saya juga senang karena banyak permainannya.”

Amel, 12 tahun (Adik binaan KABASA)

 

JSA4_4“Saya sudah tiga kali ikut Jambore Sahabat Anak, dan saya selalu senang. Walaupun capek tapi tidak terasa karena selalu tertawa bersama teman-teman yang lainnya. Saya pengen ikut lagi tahun depan.”

Sarah, 12 tahun (Adik binaan KABASA)

“Game terseru yang saya ikuti di Jambore, saya selalu semangat di setiap permainan karena saya sangat senang bisa ikut di Jambore dan ini Jambore pertama kalinya buat saya.”

Zumpa Siregar, 13 tahun (Adik binaan KABASA)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

JSA4_9

Kami dipertemukan dalam Jambore Sahabat Anak. Jambore XXI adalah Jambore kami yang ke enam bersama KABASA (Karya Anak Bangsa) Bekasi. Dari yang tidak kenal satu sama lain sampai menjadi sebuah keluarga dan selalu support proyek – proyek sosial bersama KABASA dalam rangka pemberdayaan anak – anak marginal. Terima kasih Yayasan Sahabat Anak.”

– Cepy Misbakhul Qolby (Volunter KABASA)

JSA4_10

Tenda Limas (KABASA & The Umbrella Wisdom)

About Sahabat Anak

Sahabat Anak is a non-profit organisation that provides quality education and children’s rights advocacy in an effort to encourage and inspire Jakarta’s street children to escape urban poverty. The movement began in 1997 after a group of university students made a commitment to make a difference in the lives of Indonesia's street children. As a volunteer-based organisation, Sahabat Anak aims to involve as many members of the community as possible to help improve the lives of street children.

Posted on 09/02/2017, in Bahasa Indonesia, Events, Jambore Sahabat Anak, Pengalaman, Volunteers. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

