Sepenggal Kisah Area Kota Tua di Jambore XXI

Berikutnya ada salah satu area binaan Sahabat Anak yaitu area Kota Tua yang ingin berbagi kisah Jambore Sahabat Anak XXI mereka. Kisah ini sukses membuat saya senyum-senyum sendiri lho Sahabat. Kisah Jambore ini berhasil dikisahkan kembali dengan jenaka oleh Kak Aga dari Kota Tua. 😀

JSA5_1.jpg

Rumah Bolon di JSA XXI

Ini sepenggal kisah Jambore untuk kakak-kakak Rumah Bolon, eh maksudnya Kota Tua. 😀

Kisah ini dimulai dengan petualangan 21 pemuda-pemudi yang menguji diri sembari menyalurkan kelebihan stok kasih-sayang untuk mengasuh 38 bocah selama 2 hari 1 malam.

“Nanti kita akan seru-seru bareng, loh.” Itu gaung yang terdengar sebelum muda-mudi ini menenteng 2 bocah kemana-mana selama kurang lebih 48 jam itu. Mayoritas dari muda-mudi ini, tidak pernah ikut Jambore Sahabat Anak apalagi menjadi fulltimer di lembaga pengasuh anak. 😀 Sehingga, bayangan yang ada di kepala hanyalah bayangan tingkah adik-adik selama bimbingan belajar di Sahabat Anak Kota Tua yang notabene hanya 2 jam per pertemuan, alias “Kayanya manis-manis deh, mereka.”

Hingga tibalah hari yang ditunggu-tunggu….

Senyum para panitia sejak dari gerbang Bumi Perkemahan Ragunan membuat luapan semangat semakin tak terbendung, yang dilanjutkan sorak sorai dan opening stage membuat muda-mudi ini mantap pada tujuan utama mereka yaitu menyalurkan kasih sayang kepada adik-adik.

Terik panas tak mengurangi semangat untuk bermain dan tertawa bersama, meski kadang harus diselingi dengan helaan nafas panjang atas kenakalan bocah sugar rush ini. 😀 Ada juga kakak yang berjuang melawan ego diri sendiri supaya lebih care sama adiknya. Do something yang bukan doi banget juga ada. Semua lagi-lagi demi pengalaman berbagi kasih sayang kepada adik-adik yang mungkin tidak mendapatkannya dari lingkungan tempat tinggal mereka.

Membawa botol minum kemana-mana demi memastikan adik asuhan tidak kehausan, memastikan adik-adik sudah makan, mandi, minum vitamin, hingga memotong kuku adik adalah hal-hal baru dan tidak biasa namun mengesankan juga buat muda mudi ini. Persiapan jadi bapak/ibu yang baik, kata mereka. Hehe….

Meski tetap memantau adik asuh masing-masing, kebanyakan dari muda-mudi ini merasa belum maksimal dalam mengasuh adik-adik sehingga  sewaktu Kak Ari–sosok yang membawakan acara mewekmewek menjadi tidak terlupakan itu–meminta kakak dan adik bergandengan tangan dan adik menyampaikan rasa terima kasih dan permintaan maafnya ke kakaknya itu tuh rasanya melelehhhhhhhhh dan ada bisikan dalam hati yang bilang “Ya ampun gue belom ngelakuin yang terbaik buat mereka, kadang suka gak mikirin mereka, suka acuh gitu sama mereka. ”

Rasanya we are doing nothing tapi diterimakasih-in plus pake air mata ituutuuhhhh BONUS BANGET!

Pada akhirnya muda-mudi ini udah lupa tuh dengan kesel-keselnya kalo adik-adik lari-larian waktu disuruh mandi atau sholat. Udah lupa tuh dengan kesel-keselnya kalo adik-adik pada berantem dan datang kekakaknya buat laporan nangis doank :D. Pokoknya yang diinget cuma “Taking care of them were that fun, tho!”

Akhirnya, setetes dua tetes air mata dari 38 bocah itu menancap dalam hati 21 muda mudi ini dan membuat sebagian hati terketuk dan mencoba berkomitmen di lapak Sahabat Anak Kota Tua. 😀

Mungkin kisah ini tak seindah kisah Cinderella yang menemukan pangerannya, tapi percayalah Jambore Sahabat Anak XXI tetap membekas di hati ^^ Danke Panitia JSA XXI! Salam Sahabat!

Iklan

About Sahabat Anak

Sahabat Anak is a non-profit organisation that provides quality education and children’s rights advocacy in an effort to encourage and inspire Jakarta’s street children to escape urban poverty. The movement began in 1997 after a group of university students made a commitment to make a difference in the lives of Indonesia's street children. As a volunteer-based organisation, Sahabat Anak aims to involve as many members of the community as possible to help improve the lives of street children.

Posted on 09/02/2017, in Bahasa Indonesia, Events, Jambore Sahabat Anak, Pengalaman, Volunteers. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: