Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan: Hari Pendidikan Nasional 2018

Bulan April dan Mei tahun ini merupakan bulan yang penting bagi adik-adik Sahabat Anak dan anak Indonesia pada umumnya. Sejak April, adik-adik kita di jenjang SMA/SMK dan SMP menjalani Ujian Nasional (UN). Sedangkan bagi adik-adik yang duduk di bangku SD, mereka akan menjalani Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dari tanggal 2-4 Mei untuk siswa di DKI Jakarta, dan 3-5 Mei untuk daerah lainnya se-Indonesia.

Tanggal 2 Mei sendiri adalah tanggal yang sangat penting bagi pendidikan Indonesia, karena di tanggal inilah lahir Bapak Pendidikan Nasional kita, Ki Hajar Dewantara, yang  kini kita peringati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Mei 2018 ditetapkan oleh Mendikbud sebagai Bulan Pendidikan dan Kebudayaan, yang diperingati sejak bulan April. Pekan Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018 diadakan pada tanggal 21-27 April di Jogja, tempat kelahiran Ki Hajar Dewantara.

 

Logo Hardiknas 2018

 

Hari Pendidikan Nasional juga hari yang penting bagi Sahabat Anak, karena mendapatkan pendidikan dan peran dalam pembangunan merupakan bagian dari 10 Hak Anak Indonesia. Dengan memberikan pendidikan bagi anak di saat penting dalam tahun-tahun pembentukan diri mereka, kita juga membantu memastikan mereka memiliki peran dalam pembangunan yaitu sebagai generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Kembali ke hal UN dan USBN, hal yang tak boleh kita lupakan adalah bahwa hasil nilai ujian nanti dan tingkat kecerdasan anak bukanlah satu-satunya hal penting yang menjadi penentu keberhasilan pendidikan mereka selama duduk di bangku sekolah. Keberhasilan pendidikan mereka juga ditentukan oleh perkembangan dan pertumbuhan jiwa serta karakter mereka. Seperti yang disebutkan dalam UU no. 20 tahun 2003 Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional, “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Pendidikan dan penerapan nilai-nilai hidup seperti apa yang ingin kita kuatkan, budaya apa yang ingin kita majukan dan tinggalkan bagi anak-anak penerus bangsa untuk mereka lanjutkan? Jika ada sebuah bangsa di Asia yang setelah sekitar 150 tahun reformasi pola hidupnya terkenal karena budaya mereka yang disiplin, tepat waktu dan tidak takut bekerja keras, seperti apakah kita ingin bangsa Indonesia dikenal dari budayanya, satu dekade,  satu abad bahkan 150 tahun dari sekarang?

Selamat Hari Pendidikan Nasional.

Iklan

About Sahabat Anak

Sahabat Anak is a non-profit organisation that provides quality education and children’s rights advocacy in an effort to encourage and inspire Jakarta’s street children to escape urban poverty. The movement began in 1997 after a group of university students made a commitment to make a difference in the lives of Indonesia's street children. As a volunteer-based organisation, Sahabat Anak aims to involve as many members of the community as possible to help improve the lives of street children.

Posted on 05/02/2018, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: